>>>>>>>>>>>> gilalogika.blogspot.com <<<<<<<<<<<
>>>>>>>>>> GILALOGIKA DI FACEBOOK <<<<<<<<<<<

Air Mata Bisa Deteksi Gula Darah

Kadar gula darah yang ada di tubuh para penderita diabetes sudah seharusnya dipantau setiap saat.

Pasalnya, jika seseorang memiliki level glukosa yang terlalu banyak akan menyebabkan pankreas berhenti memproduksi hormon insulin untuk mengatur gula darah.

Nah, tidak perlu merasa cemas, saat ini telah ditemukan cara baru untuk mendeteksi kadar gula seseorang penderita diabetes hanya dengan menggunakan air mata. Benarkah?

Sebuah studi baru membuktikan bahwa air mata bisa berperan untuk mengetahui kadar gula darah dan ara ilmuwan kini sedang mengembangkan sebuah sensor untuk mendeteksi level cairan gula, dengan menguji cobanya pada binatang.

Penemuan yang dipaparkan dalam Journal of Analytical Chemistry menguji 12 kelinci dan menemukan level glukosa dalam air mata mampu memantau kadar gula dalam darah kelinci tersebut.

Dr. Mark E. Meyerhoff, professor kimia dari University of Michigan mengatakan bahwa penderita diabetes menggunakan tabung kapiler kecil untuk mengambil sedikit air mata dari mata mereka dan kemudian dipindahkan ke genggaman tangan untuk dilakukan sensor guna mengukur kadar glukosa.

Para ilmuwan di University of Michigan bukan yang pertama kali mencoba tes alternatif menggunakan air mata untuk mengetahui level glukosa dalam tubuh.

Sebelumnya, Jeffrey LaBelle, ahli biomedis dari Arizona State University bekerja sama dengan peneliti dari Mayo Clinic juga mengembangkan teknologi pengawasan glukosa di air mata.

Tujuannya adalah membuat sensor yang bisa disentuh di bagian mata yang berwarna putih selama lima detik kemudian ditekan ke dalam alat yang sudah dirancang untuk mengukur kadar glukosa.

Tes ini mungkin memiliki keuntungan kenyamanan dibanding dengan tes darah.

"Menggunakan air mata sebagai sampel pengganti mungkin diperlukan sebagai informasi untuk pertama kalinya guna mengukur rasio glukosa dalam darah di air mata dan darah dalam setiap individu," pungkas Jeffrey LaBelle. [mor]

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar