>>>>>>>>>>>> gilalogika.blogspot.com <<<<<<<<<<<
>>>>>>>>>> GILALOGIKA DI FACEBOOK <<<<<<<<<<<

Pesawat tempur cina

Bicara tentang pesawat tempur, cina jangan dianggap enteng. Negara tirai bambu tersebut telah berhasil membuat pesawat tempur dengan kemampuan sendiri.

Kemampuan pesawat tempur cina yang satu ini cukup disegani karena kemapuannya bisa disetarakan dengan pesawat tempur buatan amerika maupun cina.

Jianjiji - 8 (J-8) merupakan pesawat tempur yang dibuat oleh Shenyang Aircraft Factory di era perang dingin pada tahun 1964. Pesawat tempur cina ini pertama kali terbang pada 5 Juli 1969. Jianjiji bersayap delta dan berkursi tunggal sangggup terbang Mach 2,2 melebihi kemampuan pesawat tempur yang diciptakan dimasa itu.

Pesawat tempur Cina ini terus dikembangkan dengan berbagai varian J-8, J8I, J8II, J8-IIM, J8D, J8C, J-10, dan varian terakhir J-12 yang rencananya siap tahun 2013. Sebagai gambaran penempur Cina ini sangat menakutkan karena mengusung teknologi canggih dari Rusia.

Kemampuannya mengendus target sejauh 90 km dilengkapi dengan Radar Zhuck - 8II yang mampu menangkap 10 target dan mampu mengunci dua diantaranya. Dengan radar ini, Jianjiji memiliki kemampuan tempur di balik cakrawala (beyond visual range).

Persenjataan pesawat tempur Cina ini juga mengusung peluru kendali R-77 yang biasa digotong Sukoi. Di tahun 2001 setidaknya Cina telah menggunakan J-8 dengan teknologi rusia sekitar 100 unit. Pesawat dengan berat kosong 10371 kg, bentang sayap 9,34 meter, panjang 21,5 meter dan dilengkapi dengan dua mesin turbo jet Liyang Wopen-13BII.

Pesawat tempur Cina ini sempat menghebohkan saat mencegat pesawat intai Amerika EP-3A Aries II di perairan Cina selatan. Tabrakan kedua pesawat ini sempat memanaskan hubungan Cina dan Amerika.

Sumber: fas.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar